Profil Lulusan

Profil lulusan PSS2TK FT-UMJ dirancang sesuai dengan Visi Adalah “MENJADI PROGRAM STUDI S2 TEKNIK KIMIA YANG TERKEMUKA, MODERN, ISLAMI, DAN BERKONTRIBUSI PADA PEMBANGUNAN NASIONAL PADA TAHUN 2025” .

Oleh karena itu Profil Lulusan PSS2TK –UMJ dan kompetensinya adalah

  1. Manajer Produksi dengan kompetensi :
    • mampu  memahami Teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini yang diperlukan untuk analisis dan perancangan proses, sistem pemrosesan, dan perlatan yang diperlukan;
    • Mampu memecahkan permasalahan rekayasa dan teknologidan merancang proses, sistem pemrosesan atau peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang bernilai tambah dengan memanfaatkan bidang ilmu lain (jika diperlukan) serta dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan.
  2. Manajer Teknik dengan kompetensi :
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  3. Research& Development dengan kompetensi
    • Mampu memformulasikan ide-ide baru (new research question) dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah; dan
    • Mampu mengadaptasi perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi terhadap proses pelaksanaan dan substansi riset  di bidang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.
  4. Pendidik: Guru & Dosen :
    • Mampu memahami Teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini yang diperlukan untuk analisis dan perancangan proses, sistem pemrosesan, dan perlatan yang diperlukan.
  5. Konsultan :
    • Mampu perancang, mengevaluasi, melakukan simulasi dan pemodelan proses, kegiatan profesional di bidang industridan kenijakan bagi lembaga pemerintah.
  6. Peneliti :
    • Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek peneitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  7. Technopreneur Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Penetapan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) merujuk kepada jenjang kualifikasi KKNI level 8 dan berhubungan dengan unsur ketrampilan khusus (kemampuan kerja) dan penguasaan pengetahuan, sedangkan yang mencakup sikap dan keterampilan umum dapat mengacu pada rumusan yang telah ditetapkan dalam SNPT/ SN-Dikti sebagai standar minimal.

Kualifikasi KKNI level 8 menghasilkan lulusan PSS2TK FT-UMJ dengan Rumusan Kompetensi lulusan mengacu pada SNPT No. 44 tahun 2015 adalah Capaian Pembelajaran Lulusan sebagai berikut:

  1. SIKAP
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap yang religius;
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;       
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. PENGUASAAN PENGETAHUAN
    • Teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini yang diperlukan untuk analisis dan perancangan proses, sistem pemrosesan, dan perlatan yang diperlukan
  3. KETRAMPILAN KHUSUS
    • Mampu memecahkan permasalahan rekayasa dan teknologi dan merancang proses, sistem pemrosesan atau peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang bernilai tambah dengan memanfaatkan bidang ilmu lain (jika diperlukan) serta dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan;
    • Mampumelakukanpendalamanatauperluasankeilmuan di bidang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset secara mandiri;
    • Mampu memformulasikan ide-ide baru (new research question) dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah; dan
    • Mampu mengadaptasi perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi terhadap proses pelaksanaan dan substansi riset  di bidang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.
  4. KETRAMPILAN UMUM
    • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,       dan kreatif melalui  penelitian ilmiah, penciptaan desain dan karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora             sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara,  dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal ilmiah internasional;
    • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai dengan bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan        argumen saintiik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    • Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek peneitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    • Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
    • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas peneliti yang lebih luas;
    • Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri, dan :
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, dan mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.