VISI MISI TUJUAN DAN SASARAN MAGISTER TEKNIK KIMIA

Visi

Menjadi Program Studi Magister Teknik Kimia Yang Terkemuka, Modern, dan Islami serta Berkontribusi Pada Pembangunan Nasional di Tahun 2025


Misi

  1. Melaksanakan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, pembinaan serta kajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Mewujudkan sistem pendidikan Magister Teknik Kimia yang berkualitas melalui proses pembelajaran dan pembentukan budaya ilmiah.
  3. Mewujudkan kualitas dan kuantitas penelitian, publikasi, serta hak atas kekayaan intelektual bidang Teknik Kimia yang mampu berkontribusi secara signifikan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Mewujudkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat, yang mampu mengoptimalkan aplikasi ilmu Teknik Kimia, melalui penyediaan layanan konsultasi, supervisi, diseminasi dan pelatihan profesional sesuai dengan keahlian teknik kimia.

TUJUAN

  1. Terbentuknya sikap dan perilaku lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, disiplin, bertanggung jawab dan memiliki etos pengabdian yang tinggi, serta kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat.
  2. Terwujudnya kemampuan lulusan yang berkualitas dalam konsepsi dan perancangan proses kimia untuk tujuan produksi, transformasi, penanganan material, dan kewirausahaan.
  3. Terwujudnya wawasan ilmu yang luas sehingga mampu mengembangkan sumber daya alam agro, mineral dan migas menjadi komoditi bernilai tambah tinggi.
  4. Terwujudnya kemampuan lulusan untuk mengembangkan ilmunya pada program strata tiga (doktoral).
  5. Terwujudnya Magister Teknik Kimia yang mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan persoalan secara profesional di bidang keahlian Teknik Kimia melalui kegiatan penelitian inter atau multidisipliner yang inovatif dan teruji yang dapat diaplikasikan.

STRATEGI PENCAPAIAN YANG TERPROGRAM DAN BERKELANJUTAN

  1. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
    • Inovasi kurikulum; peninjauan kurikulum dilakukan setiap dua tahun dengan melibatkan tenaga ahli/narasumber dalam advisory board, dosen,  alumni dan pengguna .
    • Inovasi proses belajar mengajar; dilakukan secara bertahap dalam menerapkan sistem pembelajaran student centre learning, di mana mahasiswa mendapatkan bahan ajar secara mandiri melalui literatur pilihan yang berasal dari media cetak dan elektronik.
    • Meningkatkan kualitas SDM dalam bidang akademik melalui pendidikan formal dan pelatihan-pelatihan di bidang penelitian, dengan cara mengundang para ahli (Inviting Profesor dan praktisi industri) dan mengikutsertakan dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan di berbagai lembaga terkait.
    • Meningkatan kualitas mahasiswa melalui kegiatan seminar, workshop, dan penelitian, dengan cara melibatkan peran aktif mahasiswa dalam kegiatan seminar, workshop, pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepekaan dan tanggung jawab sosial terhadap berbagai permasalahan yang timbul pada masyarakat dan semua kegiatan mahasiswa yang non akademis masuk sebagai kredit poin mahasiswa sebagai SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah).
    • Meningkatkan kompetensi entrepreneurship melalui kegiatan semiloka, studi lapang dan magang di lembaga usaha yang berhasil.
  2. Bidang Publikasi
    • Memberikan informasi mengenai keberadaan dan kekhasan prodi-prodi FT UMJ melalui media cetak dan elektronik serta kerjasama dengan stakeholder baik instansi pemerintah, swasta, dan perorangan.
    • Melakukan publikasi ilmiah hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa melalui seminar internasional, jurnal nasional dan internasional bereputasi.
    • Melakukan silaturahmi dan kerjasama dengan alumni dan pengguna alumni melalui kegiatan diskusi dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Bidang sarana dan prasarana
    • Menyediakan ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang ujian, auditorium, ruang pimpinan, ruang kerja dosen tetap, ruang rapat, ruang adminsitrasi dan keuangan, musholla, kantin, pantry, gudang, area ank e, serta fasilitas olah raga dan rekreasi.
    • Menyediakan media pembelajaran, ank eure cetak dan elektronik (e-book) dan internet (website, wifi).
    • Melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana yang dimiliki secara berkala dan berkelanjutan.
    • Meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan sarana dan parasarana secara bertahap sesuai dengan kebutuhan
    • Melakukan penggalian dana baik di dalam maupun luar negeri melalui hibah penelitian bagi mahasiswa dan dosen dan Pengabdian kepada masyarakat
    • Memberlakukantata tertib administrasi, keuangan, personalia dan organisasi
  4. Sistem Informasi
    • Sistem informasi yang digunakan dalam proses kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di prodi S2 Teknik Kimia, Fakultas Teknik UMJ menggunakan hardware, software, e-library dan  e-learning dalam blended learning.
  5. Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (T1)
    • PSS2TK UMJ sebagai lembaga yang berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, dirancang sebagai pusat kajian al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) terutama untuk wilayah Jabodetabek. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh bidang al-Islam dan Kemuhammadiyahan adalah sebagai berikut:
      • Melakukan pendidikan dan pengajaran al-Islam ank e-Muhammadiyah-an (Islam komprehensif) kepada seluruh mahasiswa di lingkungan SPs UMJ dan dijadikan sebagai salah satu syarat penyelesaian studi.
      • Mengadakan Baitul Arqom sebagai kegiatan yang harus diikuti mahasiswa sebagai syarat kelulusan dan masuk sebagai SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)
      • Menginternalisasi AIK dalam proses pembelajaran dan kurikulum dalam RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang ada.